Translate

Saturday, March 2, 2013

Jangan pernah berhenti

Penulis: Gede Prama
Sejumlah sejarahwan yakin, bahwa pidato Winston Churchill yang paling berpengaruh adalah ketika beliau berpidato di wisuda Universitas Oxford. Churchill mempersiapkan pidato ini selama berjam-jam. Dan ketika saat pidatonya tiba, Churchill hanya mengucapkan tigakata : ‘never give up’ (jangan pernah berhenti).
Sejenak saya merasa ini biasa-biasa saja. Tetapi ketika ada orang yang bertanya ke saya, bagaimana saya bisa berpresentasi di depan publik dengan cara yang demikian menguasai, saya teringat lagi pidato Churchill ini.
Banyak orang berfikir kalau saya bisa berbicara di depan publik seperti sekarang sudah sejak awal. Tentu saja semua itu tidak benar. Awalnya, saya adalah seorang pemalu, mudah tersinggung, takut bergaul dan minder.
Dan ketika memulai profesi pembicara publik, sering sekali saya dihina, dilecehkan dan direndahkan orang. Dari lafal ‘T’ yang tidak pernah lempeng, kaki seperti cacing kepanasan, tidak bisa membuat orang tertawa, pembicaraan yang terlalu teoritis, istilah-istilah canggih yang tidak perlu, serta segudang kelemahan lainnya.
Tidak bisa tidur beberapa minggu, stress atau jatuh sakit, itu sudah biasa. Pernah bahkan oleh murid dianjurkan agar saya dipecat saja menjadi dosen di tempat saya mengajar.
Pengalaman serupa juga pernah dialami oleh banyak agen asuransi jempolan. Ditolak, dibanting pintu, dihina, dicurigai orang, sampai dengan dilecehkan mungkin sudah kebal. Pejuangkemanusiaan seperti Nelson Mandela dan Kim Dae Jung juga demikian. Tabungan kesulitan yang mereka miliki demikian menggunung. Dari dipenjara,hampir dibunuh, disiksa, dikencingin, tetapi toh tidak berhenti berjuang.
Apa yang ada di balik semua pengalaman ini, rupanya di balik sikap ulet untuk tidak pernah berhenti ini, sering bersembunyi banyak kesempurnaan hidup. Mirip dengan air yang menetesi batu yang sama berulang-ulang, hanya karena sikap tidak pernah berhentilah yang membuat batu berlobang.
Besi hanya menjadi pisau setelah ditempa palu besar berulang-ulang, dan dibakar api panas ratusan derajat celsius. Pohon beringin besar yang berumur ratusan tahun, berhasil melewati ribuan angin ribut, jutaan hujan, dan berbagai godaan yang meruntuhkan.
Di satu kesempatan di awal Juni 1999, sambil menemani istri dan anak-anak, saya sempat makan malam di salah satu restoran di depan hotel Hyatt Sanur Bali. Yang membuat kejadian ini demikian terkenang, karena di restoran ini saya dan istri bertemu dengan seorang penyanyi penghibur yang demikian menghibur.
Pria dengan wajah biasa-biasa ini, hanya memainkan musik dan bernyanyi seorang diri. Modalnya, hanya sebuah gitar dan sebuah organ. Akan tetapi, ramuan musik yang dihasilkan demikian mengagumkan. Saya dan istri telah masuk banyak restoran dan kafe. Namun, ramuan musik yang dihadirkan penyanyi dan pemusik solo ini demikian menyentuh. Hampir setiap lagu yang ia nyanyikan mengundang kagum saya, istri dan banyak turis lainnya. Rasanya susah sekali melupakan kenangan manisbersama
penyanyi ini. Sejumlah uang tip serta ucapan terimakasih saya yang dalam, tampaknya belum cukup untuk membayar keterhiburan saya dan istri.
Di satu kesempatan menginap di salah satu guest house Caltex Pacific Indonesia di Pekan Baru, sekali lagi saya bertemu seorang manusia mengagumkan. House boy (baca : pembantu) yangbertanggungjawab terhadap guest house yang saya tempati demikian menyentuh hati saya. Setiap gerakan kerjanya dilakukan sambil bersiul. Atau setidaknya sambil bergembira dan tersenyum kecil. Hampir semua hal yang ada di kepala, tanpa perlu diterjemahkan ke dalam perintah, ia laksanakan dengan sempurna. Purwanto, demikian nama pegawai kecil ini, melakoni profesinya dengan tanpa keluhan.
Bedanya penyanyi Sanur di atas serta Purwanto dengan manusia kebanyakan, semakin lama dan semakin rutinnya pekerjaan dilakukan, ia tidak diikuti oleh kebosanan yang kemudian disertai oleh keinginan untuk berhenti.
Ketika timbul rasa bosan dalam mengajar, ada godaan politicking kotor di kantor yang diikuti keinginan ego untuk berhenti, atau jenuh menulis, saya malu dengan penyanyi Sanur dan house boy di atas. Di tengah demikian menyesakkannya rutinitas, demikian monotonnya kehidupan, kedua orang di atas, seakan-akan faham betul dengan pidato Winston Churchill : “ never give up .”
Anda boleh mengagumi tulisan ini, atau juga mengagumi saya, tetapi Anda sebenarnya lebih layak kagum pada penyanyi Sanur dan house boy di atas. Tanpa banyak teori, tanpa perlu menulis, tanpa perlu menggurui, mereka sedang melaksanakan profesinya dengan prinsip sederhana : “jangan pernah berhenti.”
Saya kerap merasa rendah dan hina di depan manusia seperti penyanyi dan pembantu di atas. Bayangkan, sebagai konsultan, pembicara publik dan direktur sebuah perusahaan swasta, tentu saja saya berada pada status sosial yang lebih tinggi dan berpenghasilan lebih besar dibandingkan mereka. Akan tetapi, mereka memiliki mental “never give up” yang lebih mengagumkan.
Kadang saya sempat berfikir, jangan-jangan tingkatan sosial dan penghasilan yang lebih tinggi,tidak membuat mental “never give up” semakin kuat.
Kalau ini benar, orang-orang bawah seperti pembantu, pedagang bakso, satpam, supir, penyanyi rendahan, dan tukang kebunlah guru-guru sejati kita.
Jangan-jangan pidato inspiratif Winston Churchill- sebagaimana dikutip di awal - justru diperoleh dari guru-guru terakhir.

Renungan hidup

Betapa besarnya nilai uang kertas senilai Rp.100.000 apabila dibawa ke masjid untuk disumbangkan;
tetapi betapa kecilnya kalau dibawa ke Mall untuk dibelanjakan!
Betapa lamanya melayani Allah selama lima belas menit namun betapa singkatnya kalau kita melihat film.
Betapa sulitnya untuk mencari kata-kata ketika berdoa (spontan) namun betapa mudahnya kalau mengobrol atau bergosip dengan pacar / teman tanpa harus berpikir panjang-panjang.
Betapa asyiknya apabila pertandingan bola diperpanjang waktunya ekstra namun kita mengeluh ketika khotbah di masjid lebih lama sedikit daripada biasa.
Betapa sulitnya untuk membaca satu lembar Al-qur’an tapi betapa mudahnya membaca 100 halaman dari novel yanglaris.
Betapa getolnya orang untuk duduk di depan dalam pertandingan atau konser namun lebih senang berada di saf paling belakang ketika berada di Masjid
Betapa Mudahnya membuat 40 tahun dosa demi memuaskan nafsu birahi semata, namun alangkah sulitnya ketika menahan nafsu selama 30 hari ketika berpuasa.
Betapa sulitnya untuk menyediakan waktu untuk sholat 5 waktu; namun betapa mudahnya menyesuaikan waktu dalam sekejap pada saatterakhir untuk event yangmenyenangkan.
Betapa sulitnya untuk mempelajari arti yang terkandung di dalam al qur’an; namun betapa mudahnya untuk mengulang-ulangi gosip yang sama kepada orang lain.
Betapa mudahnya kita mempercayai apa yang dikatakan oleh koran namun betapa kita meragukan apa yang dikatakan oleh Kitab Suci AlQuran.
Betapa setiap orang ingin masuk sorga seandainyatidak perlu untuk percaya atau berpikir,atau mengatakan apa-apa,atau berbuat apa-apa.


Friday, March 1, 2013

6 hal yg membuat anda malas bekerja

Seringkali kita merasa kurang mood saat bekerja. Padahal setiap hari, kita bisa saja menghadapi tantangan yang tak terduga. Bahkan setiap hari kita akan dihadapkan pada rutinitas yang membosankan. Mengapa seringkali kita merasa malas, kurang mood dan tidak bersemangat? Rupa-rupanya hal ini yang menjadi penyebabnya.
.
1. Tanggal Tua
Pertengahan bulan hingga tanggal gajian tiba adalah saat yang riskan bagi karir Anda. Pada masa ini biasanya semangatagak layu dan ide kurang tergali dengan baik. Sehingga jarangmembuat Anda mengeluarkan kreativitas dan improvisasi. Ubah mindset Anda, manage keuangan bulanan. Gunakan secukupnya dan Anda tak akan merasa kekurangan.
.
2. Terlalu Kenyang
Terlalu banyak makan atau terlalu intens makan-minum-makan-minum membuat pencernaan Anda bekerja keras. Sebagaimana orang yang kekenyangan, hal ini bisa membuat Anda merasa ngantuk dan malas. Makanan yang baik dikonsumsi berulang adalah bahan buah atau sayur, dibandingcemilan ringan hingga berat. Kontrol juga porsi makanan Andaagar tak membuat Anda kekenyangan.
.
3. Stres
Salah satu pemicu kemalasan adalah ketika Anda banyak pikiran. Saat stress, tubuh lebih meronta untuk diistirahatkan. Lakukan refreshing dan terapi sederhana dengan mencari lokasi yang nyaman untuk menghirup udara segar.
.
4. Terjebak rutinitas
Ups, apakah hidup Anda terjebak rutinitas? Kerja, pulang, kerjalagi, pulang lagi? Hey, mana waktu buat Anda? Coba evaluasi, apa yang membuat Anda merasa tak punya waktu sehingga waktu Anda habis hanya dalam pekerjaan. Sempatkan waktu untuk bersosialisasi. Nikmati hubungan dengan teman kerja, sesekali telepon teman lama Anda dan nikmati waktu liburan yang harusnya Anda nikmati.
.
5. Gaya Hidup
Bisa jadi, semua ini berakar dari gaya hidup Anda. Sekalipun sesederhana kurang rajin minum air putih maupun jarang bergerak. Olahraga mungkin terkesan sebagai aktivitas fisik yang berat. Padahal dengan melakukannya, Anda bisa melepas penat, membugarkan tubuh dan merasa lega. Semakin sering Anda menjaga gaya hidup agar lebih sehat, semakin lega dan tenang dalam hidup. Ide pun bisa mengalir dengan lancar saat bekerja.
.
6. Tidak Cocok
Ini adalah masalah paling umum. Sekalipun sebenarnya Anda bisa bekerja dengan baik dengan bidang yang tak begitu Anda sukai, namun passion tetap dibutuhkan dalam bekerja. Bila Anda tak kunjung menemukan passion di bidang ini, mungkin sudah saatnya cari pekerjaan lain.
Jangan biarkan hidup mengontrol Anda, Ladies. Andalah yang memegang kendali untuk kehidupan yang penuh petualangan ini. Semoga bermanfaat.
.
Sumber : www.vemale.com

Thursday, February 28, 2013

Perlu gak sih kuliah tinggi2 ?

Alasan utamanya adalah posisi posisi kerja saat ini sangat membutuhkan spesialisasi. S1 saat ini sudah menjadi standar baru dalam mencari kerja, walaupun masih ada juga mencari kerja dengan ijasah dibawah S1. Kemampuan S1 biasanya masih bersifat umum belum memiliki spesialisasi seperti S2 dan S3.
Ilmu pengetahuan berkembang dengan pesatnya dan memiliki banyak cabang. Orang tidak bisa menguasai semuanya karena banyak keterbatasan misalnya kemampuan otak, fokus, waktu, sumber daya dan lain lain. Saat Anda mengambil S2 atau S3, berarti Anda lebih fokus pada sebuah bidang yang nantinya akan memandu menuju pengetahuan yang lebih mendalam.
Perhatikan saat ini perusahaan perusahaan bersaing dengan sengitnya sehingga membutuhkan inovasi setiap harinya. Persoalan seperti ini bisa diatasi oleh orang orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang hal tersebut.
Seorang rekan seangkatan bertanya tentang izin"sekolah lagi" (mengambil gelar S2), utamanya yang masa kerjanya belum mencapai lima tahun. Dari pembahasannya saya mengetahui kalau izin untuk itu masih mungkin diberikan, tentunya dengan beberapa pertimbangan. Ada hal-hal serta konsekuensi yang perlu diperhatikan, sebelum dan selama menempuh jenjang pasca sarjana tersebut.
Saya kagum dengan rekan tersebut. Di usia yang masihmuda, masih ada kemauan yang kuat untuk belajar lagi, belajar lebih tinggi, menggali ilmu lebih dalam lagi.
Dan jujur, saya merasa iri. Saya ingin seperti mereka, bisa kembali menekuni dunia akademik, berkutat dengan buku dan penelitian, mengeksplorasi lebih jauhide dan peristiwa.
Akan tetapi, saya juga bertanya-tanya, apa sih motivasimereka yang mengambil pasca sarjana?
Iseng saya googling, juga nulis status di plurk sampai ke fesbuk. Ternyata ada beragam motivasi/alasan ketika seseorang memutuskan kuliah lagi. Berikut di antaranya:
1) Memang masih ingin belajar lagi.
2) Masih ingin tinggal di perantauan lebih lama.
3) Masih menganggur / belum bekerja dan kebetulan masih ada uang.
4) Gelar, titel di belakang nama.
5) Gengsi, jadi bahan omongan pas arisan.
6) Perbaikan karir, naik pangkat, naik tunjangan, naik pendapatan.
7) Dipaksa Disuruh ortu.
8 ) Investasi jangka panjang.
9) Mau jadi professor
10) dan lain lain...
Dari beragam alasan itu yang pasti, motivasi apapun selayaknya kita dukung, setidaknya selama gelar S2 atau S3 yang kelak disandang itu dapat memberi manfaat bagi kita semua.

12 lagu anak2 yg menyesatkan ( humor )

Ternyata lagu anak-anak yang populer banyak mengandung kesalahan, mengajarkan kerancuan, dan menurunkan motivasi. Berikut buktinya:
1. “Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!” Perhatikan warna-warna kelima balon tsb., kenapa tiba2 muncul warna hijau ? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5!
2. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang… kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!” Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi) . Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)… kalo berjalan prok..prok.. prok..” nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul..gondal. .gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru sesuai dg kondisi pedang panjangnya!
3. “Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi.. habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur. Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru. Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
4. “Naik-naik ke puncak gunung.. tinggi.. tinggi sekali.. kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X” Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi! Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau ngapain, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!
5. “Naik kereta api tut..tut..tut. . siapa hendak turut ke Bandung .. Surabaya .. bolehlah naik dengan naik percuma.. ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama” Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu. Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta- Bandung dan Jakarta-Surabaya!
6. “Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2 sepanjang hari dg tak jemu2.. mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li..li..li.. li..li..” Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit..! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang, bukan burung!
7. “Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi,kalo malam minum susu..”
Ini jelas lagu dewasa dan untuk konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orangdewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!
8. “nina bobo oh nina bobo kalau tidak bobo digigit nyamuk”
Anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg “mengancam”
9. “Bintang kecil dilangit yg biru…”
Bintang khan adanya malem, lah kalo malem bukannyalangit item?
10. “Ibu kita Kartini…harum namanya.”
Namanya Kartini atau Harum?
11. “Pada hari minggu ku turut ayah ke kota. naik delman istimewa kududuk di muka.”
Nah,gak sopan khan..
12. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanamjagung dikebun kita…”
kalo mau nanam jagung, ngapain nyangkul dalam-dalam.
.
Sumber : www.Apasih.com

Kisah pendiri HONDA

pencipta dan penggagas MOTOR HONDA ini adalah Soichiro Honda.
pria kelahiran 17 November 1906 di sebuah desa kecil di Kamyo, distrik
Shizuko. semasa kecil Soichiro Honda ini bukan orang yang berotak cerdas ia tergolong anak yang biasa-biasalayaknya anak seumurnya. bahkan Soichiro Honda tidak pernah lulus di bangku kuliahnya. tapi ada satu hal yangmembedakan Soichiro Honda dengan anak lainnya yaituia punya mimpi dan punya kecintaan yang sangat terhadap dunia otomotif.
ia hidup di keluarga tidak mampu ayahnya hanya seorang bengkel reparasi
pertanian. tapi di masa kecil ia sudah gemar membantuayahnya di bengkel. Soichiro Honda kecil juga gemar bersepeda, bahkan ia pernah bersepeda puluhan kilo meter hanya ingin melihat bagaimana pesawat bisa terbang. selain itu Soichiro Honda pernah membuat rem sepeda dengan menggunakan kaki. kemudian Soichiro Honda pindah ke kota ketika ia beranjak dewasa
awalnya Soichiro Honda pendiri MOTOR HONDA ini juga hanya sebagai seorang karyawan di sebuah bengkel otomotif. beliau seorang karyawan yang tekun dan rajindi bengkel tempatnya bekerja, bahkan ia kadang lembur sampai pagi untuk menyelasaikan dan memperbaiki mobil pelanggannya.
pada awalnya pendiri MOTOR HONDA ini tekun mendalami mesin mobil ia pernah membuat velg dari logam pertama kalinya karna pada jaman itu velg sebuah mobil hanya menggunakan kayu.kemudian ia juga pernah membuat ring piston walaupun hasil karyanya itu di tolak oleh pihak toyota.
karna kegagalannya itu Soichiro Honda sempat putus semangat dan jatuh sakit tapi ia bangkit lagi dan ingin memperbaiki kegagalannya. Soichiro Honda kemudian memutuskan melanjutkan kuliah demi untuk mempelajari pembuatan ring piston.
Soichiro Honda di keluarkan dari bangku kuliahnya karna rektor tempat ia kuliah menganggap Soichiro Honda kuliah hanya ingin mendapat pengetahuan dan tidak bermaksud mendapatkan ijazah itulah sebabnya Soichiro Honda sering bolos hanya untuk mempraktekkan apa yang ia dapat dari bangku kuliahnya. dan ini dianggap sebagai penghinaan menurut pihak tempat ia kuliah.
tapi semua itu ada imbal baliknya karna sekarang ring piston Soichiro Honda sudah dapat di terima oleh pabrikan toyota.
setelah sukses dengan ring pistonnya Soichiro Honda tidak berhenti sampai disitu saja pendiri MOTOR HONDA ini bermimpi lebih tinggi lagi ia bercita-cita ingin memproduksi mobil sendiri dan membangun sebuah pabrik mobil yang besar. tapi cita-citanya tidak semulus yang di perkirakannya, apa yang terjadi pada masa itu perang berkecamuk pemerintah pun enggan memberi bantuan dana, ia pun berusaha mengumpulkan modal dari kerabat dan teman-temannya. akhirnya berdiri perakitan mobil milik Soichiro Honda yang pertama. tapiini bukan awal kesuksesan Soichiro Honda karna selangbeberapa tahun gempa mengguncang jepang setelah gempa usai lagi-lagi cobaan menerpa pada waktu itu para sekutu membombardir jepang yang pada akhirnyasemua usahanya hancur berantakan.
sang pendiri MOTOR HONDA ini kembali ingin mencoba mendirikan usahanya,tapi apa daya jepang di landa krisis yang teramat sangat pasokan bensin sangat minim karna adanya perang yang tak ujung usai itulah keterpurukan dunia otomotif di jepang kala itu. ia pun kembali mencoba melirik sepeda tuanya. karna yang ada di otaknya hanya mesin ide di otaknya pun muncul ia mencoba menaruh sebuah mesin kecil di sepadanya. setelah ia berhasil dengan eksperimennya membuat sepeda bermesin motor ternyata kerabat dan teman-temannya berminat untuk membelinya dan ia pun bahkan sampai kewalahan melayani pesanan sepeda bermotornya
nah itulah awal mula terciptanya MOTOR HONDA.motor yang sekarang menguasai pangsa pasar indonesia bahkan bisa merambah hingga di berbagai belahan dunia.
coba sekarang tanya siapa yang tidak mengenal MOTORHONDA ternyata dibalik kesuksesan MOTOR HONDA tersimpan perjuangan yang sangat menguras perhatian.
disini kita bisa banyak mengambil pelajaran bahwa ternyata orang yang tidak mampu,orang yang tidak begitu pintar saat sekolah,orang yang tidak begitu tampan dan bahkan orang yang sakit-sakitan mampu menjadi orang yang sukses dan sebagai orang yang mampu mengguncang dunia lewat MOTOR HONDA yang diciptakannya.
semoga dapat menginspirasi..
salam
.
Sumber : www.abangirengku.com

Wednesday, February 27, 2013

ANOA , panser buatan dalam negri

kendaraan tempur bikinan PT. Pindad (persero), Indonesia.
Kendaraan ini dipergunakan untuk mengangkut personel atau dikenal dengan nama APC ( Armoured personnel carrier ) , ( bahasa Indonesia : Pengangkut personel lapis baja). Nama ANOA sendiri diambil dari nama hewan Anoa yang hidup di pulau sulawesi. APS 3 ini dinamai anoa , yang merupakan salah satu jenis kerbau asli Indonesia.
Purwarupa pertama kali di perlihatkan ke publik pada ulang tahun ke 61 TNI pada 5 Oktober 2006 di markas besar TNI, Cilangkap.

 
Pindad APS-3 diperlihatkan secara resmi kepada publik pada Indo Defence & Aerosace 2008 pada tanggal 19 November [3] hingga 22 November, 2008.
setelah diperlihatkan pada parade militer TNI pada 5 Oktober 2008.
Pada 30 Agustus 2008, 10 APS-3 telah diproduksi dan rencananya akan diproduksi sebanyak 150 buah untuk TNI Angkatan Darat untuk penugasan ANOA pada tahun 2009.
20 Panser ini diserah terimakan ke Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pertahanan, bagian dari kesepakatan dari 150 ke 40 unit saja karena krisis ekonomi.
40 Panser tersebut akirnya dikirim sebagai komitmen PT Pindad untuk memenuhi pesanan total sebanyak 154 Panser.
33 diserahkan kepada Kementrian Pertahanan pada 13 Januari 2010 . Pindad telah menerima suntikan dana pinjaman dari Bank Mandiri, Bank BNI 46 dan Bank BRI sebagai bagian dari pembayaran untuk manufaktur Panser-Panser tersebut .

 
Semenjak 9 April 2010 13 buah ANOA telah digunakan untuk mengawal misi perdamaian PBB di Lebanon bersama Satgas Batalyon Mekanis TNI Kontingen Garuda XXIII-D/UNIFIL. ANOA 6x6 maupun 4x4 biasa digunakan untuk pengawalan kegiatan-kegiatan penting negara. Pada 15 November 2011 ANOA varian 6x6 yang menggunakan persenjataan Senapan Mesin Berat 7.62 mm digunakan sebagai kendaraan tempur untuk patroli dan penjagaan ring pada acara KTT ASEAN di Nusa Dua, Bali .

ANOA juga dipakai oleh Paspampres untuk pengawalan kunjungan-kunjungan presiden. Selain kegiatan resmi, ANOA juga dipakai untuk pengamanan car-free day di Bundaran HI.
Pengembangan
Sejarah pengembangan Panser Pindad ini dimulai pada tahun 2003 sebagai hasil dari meningkatnya intervensi militer di provinsi Aceh . Selama Operasi Militer di Aceh , TNI Angkatan Darat meminta kendaraan angkut personel yang amatlah mendesak untuk transportasi pasukan.
Pindad merespon permintaan ini tahun 2004 , dengan APR-1V (Angkut Personel Ringan) sebuah kendaraanlapis baja yang berbasis sasis truk Isuzu . Tetapi, order selanjutnya untuk 26 kendaraan lanjutanya dibatalkan karena Tsunami 2004 .
Pindad meneruskan pengembangan APS dengan bantuan dari BPPT. Purwarupa berikutnya adalah Pindad APS-1 , sebuah rancangan 6x6 yang didasarkan dari sasi truk Perkasa buatan PT Texmaco .
Meskipun tidak dipilih untuk diproduksi, pengalaman yang didapat dari pengembangan APS-1 meyakinkan Tentara Nasional Indonesia untuk memberi lampu hijau kepada Pindad untuk membuat generasi selanjutnya dari ranpur Panser, Pindad APS-2 dengan ongkos produksi sebesar 600 juta rupiah perbuah.
Tahun 2006 Pindad dan BPPT memulai pengembangan APS-3 yang tidak hanya bisa bermanuver di darat tetapi juga di perairan dangkal dan danau . Pengembangan inimenghasilkan varian 4x4, dan selanjutnya disempurnakan untuk diaplikasikan kemampuan amfibinya untuk varian 6x6. Ujicoba purwarupa pertamadilakukan awal tahun 2007, dan pada 10 Agustus 2008, 10 panser pertama APS-3 ANOA diproduksi.
Tahun 2009,panser pertama diserahterimahkan kepada kementrianpertahanan.
Karena performa ANOA yang bagus dan program kemandirian alutsista yang sedang digalakkan oleh Departemen Pertahanan Pindad melanjutkan pengembangan kendaraan-kendaraan tempur yang berbasis dari templat ANOA seperti varian logistik , recovery, ambulans maupun varian kombatan yang bukan lagi dikategorikan sebagai kendaraan angkut personel seperti ANOA IFV dan ANOA Kanon.
Pada kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Indonesia, Syafrie Syamsudin pada tanggal 20 Desember 2011, telah dimunculkan wujud terbaru dari varian ANOA yaituvarian kanon (yang diperbaharui) dan varian beroda rantai.
Varian beroda rantai ini tidak seperti varian kanon, masih termasuk sebagai ranpur angkut personel, perbedaan ada pada wujud dan spesifikasi dan bukanlah peran dalam pertempuran.


sumber : wikipedia

CN 235 , pesawat terbang buatan anak negri

Orang indonesia bikin pesawat ...?
Ya .. Ini lah CN 235 .
CN 235 adalah pesawat terbang hasil kerja sama antara IPTN atau Industri Pesawat Terbang Indonesia (sekarang PT.DI ) dengan CASA dari Spanyol . Kerja sama kedua negara dimulai sejak tahun 1980 dan purwarupa milik Spanyol pertama kali terbang pada tanggal 11 November 1983 , sedangkan purwarupa milik Indonesia terbang pertama kali pada tanggal 30 Desember 1983 . Produksi di kedua negara di mulai pada tanggal Desember 1986. Varian pertama adalah CN-235 Series 10 dan varian peningkatan CN-235 Seri 100/110 yang menggunakan dua mesin General Electric CT7-9C berdaya 1750 shp bukan jenis CT7-7A berdaya 1700 shp pada model sebelumnya.
Varian :
CN-235-10 :
Versi produksi awal (diproduksi 15 buah oleh masing-masing perusahaan), menggunakan mesin GE CT7-7A
*. CN-235-110 :
Secara umum sama dg seri 10 tetapi menggunakan mesin GE CT7-9C dalam nasel komposit baru,mempunyai sistem kelistrikan, peringatan dan lingkungan yang lebih maju dibanding seri 100 milik CASA.
*. CN-235-220 :
Versi Pengembangan. Pembentukan kembali struktur untuk bobot operasi yang lebih tinggi , pengambanganaerodinamik pada tepi depan sayap sayap dan kemudi belok , pengurangan panjang landasan yang dibutuhkan dan penambahan jarak tempuh dengan beban maksimum ( MTOW =Maximum Take Off Weight)
*. CN-235 MPA :
Versi Patroli Maritim, dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan misi ( mulai mendekati fase operasional dan hadir dalam singapore airshow 2008 ). Pada Desember 2009 diumumkan bahwa TNI AL membeli 3 unit CN-235 MPA sebagai baguian dari rencana memiliki 6 buah pesawat MPA sampai tahun 2014. CN-235 MPA menggunakan sistem Thales AMASCOS, radar pencari Thales/EADS Ocean Master Mk II , Penjejak panas (thermal imaging) dari Thales, Elettronica ALR 733 radar warning receiver dan CAE's AN/ASQ-508 magnetic anomaly detection system. Pesawat ini juga akan mengakomodasi Rudal Exocet MBDA AM-39 atau torpedo ringan Raytheon Mk 46. [1]
*. CN235-330 Phoenix :
Modifikasi dari seri 220, ditawarkan IPTN ( dengan avionik Honeywell baru, EW system ARL-2002 dan 16.800 kg MTOW ) kepada Royal Australian Air Force untuk Project Air 5190 tactical airlift requirement , tapidibatalkan karena masalah keuangan pada tahun 1998.

karateristik umum :
*. Kru: 2(dua) pilots
*. Kapasitas: sampai 45 penumpang
*. Panjang: 21.40 m (70 ft 3 in)
*. Bentang sayap: 25.81 m (84 ft 8 in)
*. Tinggi: 8.18 m (26 ft 10 in)
*. Area sayap: 59.1 m² (636 ft²)
*. Berat Kosong: 9,800 kg (21,605 lb)
*. Berat Isi: 15,500 kg (16,500 kg Military load) ( lb)
*. Maksimum takeoff: 15,100 kg (33,290 lb)
*. Tenaga Penggerak: 2× General Electric CT79 C turboprops, 1,395 kW (1,850 bhp) each
[ sunting ] Kemampuan
*. Kecepatan Maksimum: 509 km/j (317 mpj)
*. Jarak: 796 km (496 mil)
*. Ketinggian Maks: m ( ft)
*. Daya Menanjak: 542 m/min (1,780 ft/min)
*. Beban Sayap Maks: kg/m² ( lb/ft²)
*. Power/berat: kW/kg ( hp/lb)
 
sumber : wikipedia

Tuesday, February 26, 2013

Rayuan maut sepanjang masa ... ( judule lebay )

Dek .. Jika saja aku enzo ferari ..
Maka akan aku buatkan mobil yg sangat ,, mahal untukmu ..
Itu sebagai tanda .. Betapa mahalnya cintaku ..
.
Dek .. Jika saja aku seorang pelaut .. Maka akan aku ajak kau keliling samudra ..
Itu sebagai tanda .. Betapa luasnya cintaku
.
Dek .. Jika saja aku seorang arsitek .. Maka akan aku buatkan kau gedung yg megah ...
Itu sebagai tanda megahnya cintaku ...
.
Tapi .. Dek ..
Aku hanya seorang penggali kubur ...
Jd akan aku buatkan lubang kubur yg luas dan dalam ..
Itu sebagai tanda luas dan dalamnya cintaku ...

Sunday, February 24, 2013

Beberapa Pola Pikir Orang Indonesia yang Salah Kaprah, Apakah Kamu Termasuk di Dalamnya?

1. Kalau masih bisa besok kenapa harus sekarang?
Hal ini mungkin udh menjadi kebiasaan, yaitu sering menunda pekerjaan, contoh : misal, kamu seorang mahasiswa, di kasih tugas oleh dosen dikumpulkan pada pertemuan minggu depan, padahal setelah kamuselesai
kuliah hari ini, kamu pasti mikir "ah, tugas nya dikumpul minggu depan ini, masih bisa santai dulu" padahal giliran pas 3 jam sebelum kuliah mulai masih belum ngerjain apa-apa, dan akhir nya grabak grubuk nyari contekan ke temen
.
2.Dididik untuk dibayar menjadi pekerja, bukan dididik untuk menjadi orang yang membayar pekerja
Kamu mungkin selalu bertanya, setelah lulus mau kerja dimana ya? ya, kan? mungkin beberapa orang tuamendidik semenjak kecil dengan cara seperti itu, padahal faktanya sebesar apapun gaji pegawai tetap akan lebih besar gaji yang membayar anda, contoh : saya pernah diceritain dosen tentang seseorang yang ditunjuk oleh Bakrie corp sebagai manager, dan dia dibayar sebesar 1 M/bulan, tapi tetap saja Bakrie dan keluarga dapat lebih,
.
3. Berfikir pendek, bukan berfikir panjang
kalo pola pikir ini saya dapet waktu bapak saya lg di teras rumah sambil ngopi-ngopi yaudah saya nimbrung, waktu itu saya kebetulan lagi libur kuliah, pas tiba-tiba ada maaf "pesuruh" dengan tampang lesu, yaudah dipanggil sama bapak tuh, buat di ajak ngopi sambil makan makanan kecil, singkat cerita setelah bapak ngobrol panjang lebar, si "pesuruh" ini ngomong "yang penting sih bisa makan buat hari ini udah cukup, pak", bapak saya langsung kaget, dan langsung ngomong "harus nya jangan gitu pak mikir nya, jangan cuma mikir yang penting hari ini bisa makan, tapi berfikir gimana caranya saya dan keluargabisa memenuhi kebutuhan buat 1 minggu atau 1 bulan kedepan" setelah saya pikir, bener juga ya, kita bisa memenuhi kebutuhan hari ini karena hasil yang dari yang kita lakukan sebelum nya
.
4. Dalam bidang usaha lebih memikirkan untung ketimbang berkembang
lagi-lagi pemikiran ini saya dapet lagi dr pedagang makan dipinggir jalan, waktu itu saya pulang kuliah kelaperan yaudah mampir dulu ke warung pinggir jalan, singkat cerita saya selesai makan, sambil ngilangin gerah yaudah saya ngobrol sama pedagang nya, setelah agak panjang lebar ngobrol saya tanya"sehari bisa untung berapa pak?" dan si pedagang jawab "kira-kira 150-200 rb lah, yang penting dapet untung walaupun kecil" saya tanya lagi "terus ga mau dikembangin usaha nya?" kayanya ini masih berhubungan sama yang no.3 dan pedagang jawab lagi "yah yang penting untung dulu mas, " dan saya diem aja deh, bayar makan nya trus langsung pulang, setelah ane fikir, padahal kan, semakin berkembang usaha semakin besar keuntungan nya.
.
5. Lebih cepat lebih baik
memang pepatah ini bagus di buat sebagai motivasi, tetapi tidak dalam semua hal, Kamu yang pengguna jalan raya, khusus nya Jakarta pasti udh ga asing lagi dengan hal bis nyerobot jalan, lampu merah blm berubah ijo asal jalan kosong maen serobot, mau punya motor tp belum punya SIM, alhasil lewat CALO, kalau ada perkara hukum, biar cepet selesai urusan dan ga panjang, yaudah sogok aja deh, kan ga ribet.

Kisah tukang cukur yang mempertanyakan tuhan ..

Seorang konsumen datang ke tempat tukang cukur untuk memotong rambut merapikan brewoknya. Si tukang cukur mulai memotong rambut konsumennya dan mulailah terlibat pembicaraan yang mulai menghangat.
Mereka membicarakan banyak hal dan berbagai variasi topik pembicaraan dan sesaat topik pembicaraan beralih tentang Tuhan.
Si tukang cukur bilang,”Saya tidak percaya Tuhan itu ada”.
“Kenapa kamu berkata begitu ???” timpal si konsumen.
“Begini, coba Anda perhatikan di depan sana, apa yang terjadi di jalanan itu menunjukkan bahwa Tuhan itu tidak ada? Katakan kepadaku, jika Tuhan itu ada, mengapa ada orang sakit??, mengapa ada anak terlantar??"
"Jika Tuhan ada, pastiah tidak akan ada orang sakit ataupun kesusahan. Saya tidak dapat membayangkan bagaimana Tuhan Yang Maha Penyayang akan membiarkan ini semua terjadi.”
Si konsumen diam untuk berpikir sejenak, tapi tidak merespon karena dia tidak ingin memulai adu pendapat.
Si tukang cukur menyelesaikan pekerjaannya dan si konsumen pergi meninggalkan tempat si tukang cukur.
Beberapa saat setelah dia meninggalkan ruangan itu dia melihat ada orang di jalan dengan rambut yang panjang, berombak kasar (mlungker-mlungker, istilah jawa-nya), kotor dan brewok yang tidak dicukur. Orang itu terlihat kotor dan tidak terawat.
Si konsumen balik ke tempat tukang cukur dan berkata,” Kamu tahu, sebenarnya TIDAK ADA TUKANG CUKUR.”
Si tukang cukur tidak terima,” Kamu kok bisa bilang begitu ??”.
“Saya disini dan saya tukang cukur. Dan barusan sayamencukurmu!”
“Tidak!” elak si konsumen.
“Tukang cukur itu tidak ada, sebab jika ada, tidak akan ada orang dengan rambut panjang yang kotor dan brewokan seperti orang yang di luar sana,” Si konsumen menambahkan.
“Ah tidak, tapi tukang cukur tetap ada!” sanggah si tukang cukur.
”Apa yang kamu lihat itu adalah salah mereka sendiri, kenapa mereka tidak datang ke saya”, jawab si tukang cukur membela diri.
“Cocok!” kata si konsumen menyetujui.” Itulah point utama-nya!.
Sama dengan Tuhan, Tuhan itu juga ada, tapi apa yang terjadi… orang-orang tidak mau datang kepada-Nya, dan tidak mau mencari-Nya. Oleh karena itu banyak yang sakit dan tertimpa kesusahan di dunia ini.”
Apakah Tuhan harus memaksa untuk datang kepada-Nya baru dunia tidak ada kesusahan? Semua kembali pada diri kita masing-masing.

Hidup adalah anugrah untuk jiwa yang ikhlas ( renungan )

Yang tinggal di gunung merindukan​ pantai.
Yang tinggal di pantai merindukan​ gunung.
Di musim kemarau merindukan​ musim hujan.
Di musim hujan merindukan​ musim kemarau.
Yang berambut hitam mengagumi yang pirang.
Yang berambut pirang mengagumi yang hitam.
Diam di rumah merindukan​ bepergian.
Setelah bepergian merindukan​ rumah.
Ketika masih jadi karyawan ingin jadi Entreprene​ur supaya punya time freedom…
Begitu jadi Entreprene​ur ingin jadi karyawan, biar gak pusing…
Waktu tenang mencari keramaian.
Waktu ramai mencari ketenangan​.
Saat masih bujangan, pengen punya suami ganteng/is​tri cantik.
Begitu sudah dapat suami ganteng/is​tri cantik, pengen yang biasa2 saja, bikin cemburu aja/ takut selingkuh.​.
Punya anak satu mendambaka​n banyak anak.
Punya banyak anak mendambaka​n satu anak saja.
Kita tidak pernah bahagia sebab segala sesuatu tampak indah hanya sebelum dimiliki.
Namun setelah dimiliki tak indah lagi.
Kapankah kebahagiaa​n akan didapatkan​ kalau kita hanya selalu memikirkan​ apa yang belum ada, namun mengabaika​n apa yang sudah dimiliki tanpa rasa syukur ?
“Semoga kita jd pribadi yang selalu bersyukur.​.Yg snantiasa​ b’syukur dngn berkah yg sudah kita miliki”.
“Bagaimana​ mungkin selembar daun yang kecil dapat menutupi bumi yang luas ini?
Jangankan bumi, menutupi telapak tangan saja sulit.
Namun bila daun kecil ini menempel di mata kita, makatertutupla​h bumi!”
Begitu juga bila hati ditutupi pikiran buruk sekecil apapun maka kita akan melihat keburukan di mana-mana. Bumi ini pun akan tampak buruk.
Jangan menutup mata kita, walaupun hanya dengan daun kecil.
Jangan menutupi hati kita, walaupun hanya dengan sebuah pikiran buruk/nega​tif!
Bila hati kita tertutup, tertutuplah semua…
Syukuri apa yg ada, karena hidup adalah anugerah bagi jiwa-jiwa yg ikhlas.
Untuk semua sahabatku yang membaca tulisan ini.., semoga kalian dikaruniai jiwa yang ikhlas dan penuh syukur.