Translate

Wednesday, February 6, 2013

Ceramah ala KH. Anwar Zahid

KH.Anwar Zahid,umh …..siapa yang kenal sosoknya pasti setuju kalau beliau adalah seorang kyai paling koplak yang pernah ada. Ceramah-ceramahnya yang full humor tapi tidak mengesampingkan qualitas dari isiceramahnya membuat banyak orang ngefans dan mengoleksi begitu banyak rekaman ceramahnya. Baik dalam bentuk MP3 maupun video. Dengan tagline terkenalnya: “Qulhu ae Lek…” kyai ini mampu menembus pangsa pasar ceramah dan membuat banyak fans nya kecanduan dengerin ceramahnya. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bahkan rekan seprofesinya juga. Bahkan saya pernah memergoki seorang pemuda yang dengan sengaja mengikuti lomba cerpen komedi dengan konten yang 90 % isinya tentang lawakan beliau. Ouch…nggak banget kan…? Dia tidak berpikir bahwa KH Anwar Zahid tidak hanya terkenal di jawa timur tapi sudah meluas dibanyak daerah diIndonesia,terbukti dengan banyaknya sharing file ceramah beliau di internet. Seorang sahabat memperkenalkan ceramah beliau pada saat saya menginap dirumahnya. Begitu datang,nggak lama dia langsung memaksa saya untuk mendengarkan ceramahnya.Awalnya saya menolak,karena merasa agak segen alias males dengerin rekaman ceramah kyai. Begitu saya dengerin saya ketawa sampai keluar air mata. Bener-bener koplak dan nampol ,sentilan-sentilannya dalam mengingatkan umat untuk bisa berlaku bijak dan mendekatkan diri pada Allah SWT,disampaikannya dengan lugas,tegas dan tak lupa dengan gaya humor yang fantastis. Begitu kenal sosok sang penceramah fenomenal asal Kanor,Bojonegoro ini anda akan berucap “selamat tinggal pada ceramah yang kaku dan bikin jenuh alias membosankan…” Gaya dan logat bahasa beliau memang sering memakai bahasa Jawa ala jawa timur an,dan bagi saya yang berbahasa jawa ala Jogjakarta mungkin ada sedikit perbedaan,tapi ini justru memberi pengetahuan baru tentang khasanah bahasa jawa di Indonesia. Dan bagi saya logatnya itu justru bikin saya makin ngakak. Dan saking nge fans nya sama beliau,saya jadi kecanduan dengerin ceramah beliau dan kadang saya ngobrol sama temen saya tadi dengan sok-sok pakai bahasa jawa ala surabaya,yang membuat kita berdua makin koplak dan kompak. Sebuah berita hoax tentang wafatnya beliau pernah berhembus,terus terang saya shock,tapi Alhamdulillah cuman isu yang tidak bertanggungjawab. Mungkin bagi beberapa orang yang tidak begitu menyukai beliau guyonannya kadang agak terlalu frontal dan sering diulang-ulang. Tapi bagi saya,meski dilaptop dan HP saya dipenuhi dengan ceramah beliau tapi saya tidak merasa bosan sedikitpun. Dan setelah Stand Up Comedy merajalela di Indonesia seperti sekarang ini,saya selalu merasa kalau dengerin ceramah beliau kayak menikmati sajian Stand Up Comedy,bedanya durasinya lebih lama,lebih sering ketawa dan bermanfaat untuk mempertebal iman dan islam dihati kita. Tidak kaku,tidak terlalu menggurui,friendly dan gaul adalah sebagian alasan kenapa banyak orang mengidolakannyaBagi anda yang tidak mengerti bahasa jawa pun masih bisa menikmati dan ketawa kok,karena kadang beliau juga pakai bahasa indonesia. Jangan ragu untuk terus sharing file ceramah beliau,demi Indonesia yang maju,jaya,ceria tapi ingat iman dan takwa…!! SEMANGAATTT..!!!” Sumber : kompasiana

1 comment: