Translate

Thursday, February 28, 2013

Kisah pendiri HONDA

pencipta dan penggagas MOTOR HONDA ini adalah Soichiro Honda.
pria kelahiran 17 November 1906 di sebuah desa kecil di Kamyo, distrik
Shizuko. semasa kecil Soichiro Honda ini bukan orang yang berotak cerdas ia tergolong anak yang biasa-biasalayaknya anak seumurnya. bahkan Soichiro Honda tidak pernah lulus di bangku kuliahnya. tapi ada satu hal yangmembedakan Soichiro Honda dengan anak lainnya yaituia punya mimpi dan punya kecintaan yang sangat terhadap dunia otomotif.
ia hidup di keluarga tidak mampu ayahnya hanya seorang bengkel reparasi
pertanian. tapi di masa kecil ia sudah gemar membantuayahnya di bengkel. Soichiro Honda kecil juga gemar bersepeda, bahkan ia pernah bersepeda puluhan kilo meter hanya ingin melihat bagaimana pesawat bisa terbang. selain itu Soichiro Honda pernah membuat rem sepeda dengan menggunakan kaki. kemudian Soichiro Honda pindah ke kota ketika ia beranjak dewasa
awalnya Soichiro Honda pendiri MOTOR HONDA ini juga hanya sebagai seorang karyawan di sebuah bengkel otomotif. beliau seorang karyawan yang tekun dan rajindi bengkel tempatnya bekerja, bahkan ia kadang lembur sampai pagi untuk menyelasaikan dan memperbaiki mobil pelanggannya.
pada awalnya pendiri MOTOR HONDA ini tekun mendalami mesin mobil ia pernah membuat velg dari logam pertama kalinya karna pada jaman itu velg sebuah mobil hanya menggunakan kayu.kemudian ia juga pernah membuat ring piston walaupun hasil karyanya itu di tolak oleh pihak toyota.
karna kegagalannya itu Soichiro Honda sempat putus semangat dan jatuh sakit tapi ia bangkit lagi dan ingin memperbaiki kegagalannya. Soichiro Honda kemudian memutuskan melanjutkan kuliah demi untuk mempelajari pembuatan ring piston.
Soichiro Honda di keluarkan dari bangku kuliahnya karna rektor tempat ia kuliah menganggap Soichiro Honda kuliah hanya ingin mendapat pengetahuan dan tidak bermaksud mendapatkan ijazah itulah sebabnya Soichiro Honda sering bolos hanya untuk mempraktekkan apa yang ia dapat dari bangku kuliahnya. dan ini dianggap sebagai penghinaan menurut pihak tempat ia kuliah.
tapi semua itu ada imbal baliknya karna sekarang ring piston Soichiro Honda sudah dapat di terima oleh pabrikan toyota.
setelah sukses dengan ring pistonnya Soichiro Honda tidak berhenti sampai disitu saja pendiri MOTOR HONDA ini bermimpi lebih tinggi lagi ia bercita-cita ingin memproduksi mobil sendiri dan membangun sebuah pabrik mobil yang besar. tapi cita-citanya tidak semulus yang di perkirakannya, apa yang terjadi pada masa itu perang berkecamuk pemerintah pun enggan memberi bantuan dana, ia pun berusaha mengumpulkan modal dari kerabat dan teman-temannya. akhirnya berdiri perakitan mobil milik Soichiro Honda yang pertama. tapiini bukan awal kesuksesan Soichiro Honda karna selangbeberapa tahun gempa mengguncang jepang setelah gempa usai lagi-lagi cobaan menerpa pada waktu itu para sekutu membombardir jepang yang pada akhirnyasemua usahanya hancur berantakan.
sang pendiri MOTOR HONDA ini kembali ingin mencoba mendirikan usahanya,tapi apa daya jepang di landa krisis yang teramat sangat pasokan bensin sangat minim karna adanya perang yang tak ujung usai itulah keterpurukan dunia otomotif di jepang kala itu. ia pun kembali mencoba melirik sepeda tuanya. karna yang ada di otaknya hanya mesin ide di otaknya pun muncul ia mencoba menaruh sebuah mesin kecil di sepadanya. setelah ia berhasil dengan eksperimennya membuat sepeda bermesin motor ternyata kerabat dan teman-temannya berminat untuk membelinya dan ia pun bahkan sampai kewalahan melayani pesanan sepeda bermotornya
nah itulah awal mula terciptanya MOTOR HONDA.motor yang sekarang menguasai pangsa pasar indonesia bahkan bisa merambah hingga di berbagai belahan dunia.
coba sekarang tanya siapa yang tidak mengenal MOTORHONDA ternyata dibalik kesuksesan MOTOR HONDA tersimpan perjuangan yang sangat menguras perhatian.
disini kita bisa banyak mengambil pelajaran bahwa ternyata orang yang tidak mampu,orang yang tidak begitu pintar saat sekolah,orang yang tidak begitu tampan dan bahkan orang yang sakit-sakitan mampu menjadi orang yang sukses dan sebagai orang yang mampu mengguncang dunia lewat MOTOR HONDA yang diciptakannya.
semoga dapat menginspirasi..
salam
.
Sumber : www.abangirengku.com

No comments:

Post a Comment