Translate

Monday, February 11, 2013

Cara kerja karbu konvensional vs karbu vacum vs injeksi

Cuma artikel copasan brow .. Buat nambah2 pengetahuan .. Langsung saja deh brow ..
sekarang kita akan bandingkan tipe karbu seperti pembahasan kemarin.

Pertama ...
karburasi konvensional
karbu ini banyak di gunakan pada motor2 terdahulu.meskipun sekarang juga masih banyak motor yang mengadopsinya. karbu konvensional ini lebih responsif..kenapa bisa begitu??? karna karbu ini menggunakan skep yang langsung terhubung dengan throttle.
jadi tergantung bagaimana kita menarik tuas gas(throottle).
kelemahannya: karbu ini lebih boros ketimbang tipe yang lainnya.
kelebihannya: tarikan lebih responsif dan seting lebih mudah.

Kedua ...
karbu vakum (konstan vakum)
karbu ini cenderung lebih lambat dalam merespon putaran gas.
karna naiknya skep tidak bisa spontan,tergantung karet vakum yang mengangkat skep tersebut.jadi karbu sistem ini skepnya tidak langsung terhubung dengan throotle.
kelebihannya: konsumsi bahan bakar lebih irit ketimbang karbu konvensional
kekurangannya: respon nya kurang agresif.

Ketiga ....
injeksi
sistem injeksi sistem ini sangat rumit dan melibatkan tehnologi canggih di dalamnya. dengan injeksi semua sistem kerja pengkabutan lebih tepat, lebih efesien dan lebih powerfull.
sistem kerja dari injeksi ini di kontrol oleh ECU(electrik control unit) yang telah di program oleh komputer.
ECU inilah otak dari sistem injeksi.
sebelum semua sinyal dari alat-alat pendukung injeksi seperti: alat pengukur suhu,penyuplai bahan bakar,dan penyuplai udara mengalir,semua dikirim ke ECU terlebih dahulu.
kemudian ECU ini memerintahkan komponen-komponen pendukung tadi Untuk bekerja sesuai fungsinya. misalkan pada kondisi suhu udara dingin, alat pendeteksi suhu akan mengirimkan sinyal ke ECU, dari ECU kemudian memerintahkan pada alat penyuplai bahan bakar agar sesuai takaran pada saat suhu rendah.
begitu pula alat penyuplai udara akan menyalurkan udara yang tidak berlebih agar pencampuran udara dan bahan bakar sesuai pada kondisi suhu rendah.begitu pula sebaliknya apabila kondisi berubah menjadi panas. jadi bisa di pastikan suplai bahan bakar akan terpenuhi dengan tepat pada kondisi apapun.
Berbedakan pada sistem pengkabut yang lainnya,yang cenderung tidak mengikuti suhu dan kemauan mesin.
nah itulah gambaran kasar pada sistem injeksi sob… untuk kelebihannya: injeksi lebih irit,efesien dan sempurna.bahkan di kabarkan ,pabrikan YAMAHA akan mengINJEKSIkan semua motor nya. tentunya dilakukan bertahap
sedangkan kekuranganya: karna sistem ini baru,jadi belum semua tehnisi mampu untuk mengutak atiknya.
paling hanya mampu menyetel setting udara atau co nya.
kondisi aki harus berfungsi baik,apabila aki soak kinerja injeksi akan terganggu.karna semua program tergantung dari ECU yang notabene mengandalkan sebuah arus listrik untuk kinerjanya.

semoga bermanfaat
Sumber : www.abangirengku.com

No comments:

Post a Comment